Berita Hangat Hari Ini

Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Public Relations

Faktor pendukung adalah segala faktor yang menjadi keunggulan Public Relations dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini dapat meliputi : 

a. Fasilitas pelayanan 

b. Event/program khusus 

c. Promosi. 

Sedangkan faktor penghambat adalah segala faktor-faktor yang menjadi kelemahan Public Relations yang dapat meliputi : 

a. Kebijakan perusahaan, 

b. Kurangnya skill, 

c. Pendanaan. 

J. Pelanggan 

Era perdagangan bebas dewasa ini, perusahaan dituntut untuk menemukan dan membangun sistem manajemen yang mampu secara profesional meretensi para pelanggannya. Dua hal yang menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam melakukan retensi pelanggan ini adalah pertama karena semakin mahalnya biaya perolehan konsumen baru dalam iklim kompetisi yang sedemikian ketat, kedua adalah adanya kenyataan bahwa tingkat kemampulabaan perusahaan berbanding lurus dengan pertumbuhan hubungan antara perusahaan dan konsumen. 

Pentingnya peranan pelanggan bagi kelangsungan hidup perusahaan seringkali diungkapkan oleh para pelaku bisnis dengan cara mengungkapkannya dalam bentuk pujaan dan kebanggaan kepada pelanggan. 

Lupiyoadi (2006 : 143) pelanggan adalah seseorang yang beberapa kali datang ke tempat yang sama untuk membeli suatu barang atau peralatan. 

Tidak seorang pun dapat memenangkan apabila berargumentasi dengan pelanggan, sebab pelanggan menurut Irawan (2004 : 7) adalah “Orang yang membawa kita kepada pemenuhan kebutuhannya.” 

Pelanggan merupakan fokus utama dalam pembahasan mengenai kepuasan dan kualitas jasa. Dalam hal ini pelanggan memegang peranan cukup penting dalam mengukur tingkat kepuasan terhadap produk maupun pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Untuk dibahas persepsi kita tentang pelanggan sebagai dasar pembahasan lebih lanjut. 

Rangkuti (2008 : 90) bahwa pelanggan adalah orang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa. 

Semua karyawan diminta untuk menghafalkan definisi pelanggan ini. Untuk itu, di setiap ruangan yang penting, terdapat bingkai terpasang dengan tulisan yang mudah terbaca oleh setiap karyawannya. Perusahaan sadar, apabila semua karyawannya dapat menempatkan pelanggan dalam tempat yang sebenarnya, maka hal ini merupakan suatu jaminan untuk meraih sukses di masa mendatang. 

Terdapat tiga jenis pelanggan yaitu : 

1. Pelanggan internal (internal customer) adalah setiap orang yang ikut menangani proses pembuatan maupun penyediaan produk di dalam perusahaan atau organisasi. 

2. Pelanggan perantara (internediate customer) adalah mereka yang bertindak atau berperan sebagai perantara untuk mendistribusikan produk kepada pihak konsumen atau pelanggan eksternal. Pelanggan perantara ini bukan sebagai pemakai akhir. Pelanggan eskternal (external customer) adalah pembeli atau pemakai akhir, yang sering disebut sebagai pelanggan yang nyata

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Public Relations"

Post a Comment